CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Minggu, 03 Mei 2009

Formulir Peserta DBL Sekarang Online


SURABAYA – Kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DetEksi Basketball League (DBL) 2009, tidak lama lagi pulang ke kandang. Pendaftaran seri Jawa Timur, yang diselenggarakan di Surabaya (North) dan Malang (South), sudah dibuka mulai 4 Mei mendatang. Mulai hari ini, segala formulir, regulasi, dan persyaratan pendaftaran sudah bisa di-download di situs resmi Honda DBL 2009, www.deteksibasketball.com.

”Kunjungi situs itu, lalu masuk menu 2009 Season. Di menu itu bisa dipilih beberapa kategori yang ingin di-download. Setelah melengkapi persyaratan, peserta lalu harus mengumpulkan formulir mulai 4 Mei nanti dalam format file (softcopy, Red) dan cetak,” jelas Masany Audri, general manager DBL Indonesia.

Masany menjelaskan, cara pendaftaran baru ini dibuat karena peserta di Jawa Timur memang terbanyak. Tahun lalu, jumlah pendaftar mencapai 283 tim, kemudian yang diterima 266.

Mengenai jumlah peserta itu, tahun ini panitia akan lebih membatasi. Azrul Ananda, commissioner DBL, mengatakan pembatasan itu tidak terelakkan. Alasan utamanya, waktu yang tidak memadai. Bulan puasa tahun ini lebih maju, dimulai sekitar 20 Agustus. Kemudian, kompetisi ini juga harus diakhiri dengan even resmi NBA, Indonesia Development Camp 2009, yang memakan waktu beberapa hari.

Dalam even itu, seorang pemain dan dua asisten pelatih NBA akan hadir di DBL Arena, memberi materi latihan kepada para pemain pilihan Honda DBL 2009 dari berbagai penjuru Indonesia. “Kami pun menunda Indonesia Development Camp itu sejauh mungkin, hingga hanya beberapa hari sebelum puasa. Lalu, kompetisi SMP yang biasanya diselenggarakan di sela-sela SMA pada Juli-Agustus, kini dimundurkan sampai Oktober,” jelas Azrul.

Supaya tidak ada kebingungan, panitia pun menerapkan sistem undangan untuk Honda DBL 2009. Jadi, tim yang ingin mendaftar harus menyertakan surat undangan resmi dari DBL Indonesia. “Bagi sekolah yang belum mendapat kiriman undangan, bisa mengajukan diri pada tim DBL Indonesia. Setelah itu akan di-review oleh departemen basketball operation kami, apakah tim itu bisa diterima atau tidak,” papar Azrul.

Puji Agus Santoso, salah satu manager basketball operation DBL Indonesia, menerangkan ada beberapa kriteria yang akan dipertimbangkan. “Prestasi pada DBL tahun-tahun sebelumnya merupakan salah satu pertimbangan utama,” ujarnya. Saat ini, sudah banyak calon peserta yang menunggu kabar pendaftaran ini. Telepon di kantor DBL Indonesia di DBL Arena maupun Mabes DetEksi Jawa Pos di Graha Pena terus berdering. Rata-rata sudah “panas” mengetahui kehebohan Honda DBL 2009 di kota-kota lain.

SMA Petra 5 Surabaya, yang tahun lalu “sukses” jadi pendaftar pertama setelah “camping” 24 jam di Graha Pena, mengaku ingin menjadi yang pertama lagi tahun ini. “Tapi kami masih mempersiapkan teknisnya biar lebih matang,” ungkap Yonardi Sasmito Nugroho, salah satu pemain Petra 5. Rupanya, Yonardi benar-benar tak sabar menanti Honda DBL 2009 di Jawa Timur. ”Aku jadi pengin menunjukkan kalau Surabaya, tempat lahirnya DBL, juga bisa heboh. Nggak kalah kok dengan daerah lain. Pokoknya, tunggu kejutan rahasia dari kami,” ujarnya.

Sementara itu, bukan hanya jadwal yang berubah pada seri SMP. Mulai tahun ini, ada perubahan nama pada seri yang dimulai pada 2005 tersebut. “Mulai tahun ini, seri SMP akan dikenal dengan sebutan Honda DBL Junior,” ungkap Azrul Ananda.

Panitia menjelaskan, pendaftaran SMP masih sama dengan SMA. Hari ini mulai download, lalu mendaftar mulai 4 Mei. Namun, technical meeting dan drawing-nya menyusul setelah seri SMA berakhir. Pada saat Honda DBL 2009 SMA berlangsung di Jawa Timur, pada Juli-Agustus nanti kompetisi ini juga diselenggarakan di tiga kota di Kalimantan. Yaitu Banjarmasin, Pontianak, dan Samarinda. (aul)

Link download formulir dan regulasi, klik di sini

Jadwal Honda DBL 2009 Jawa Timur

14 April
Formulir mulai bisa di-download di www.deteksibasketball.com

4 Mei
Pendaftaran SMP dan SMA (Sertakan undangan resmi)

Juli-Agustus
Honda DBL 2009 SMA (North dan South Region)

15-18 Agustus
Indonesia Development Camp 2009 Organized by NBA & DBL

Oktober
Honda DBL Jr. 2009 (SMP)
Western Australia Games 2009

0 komentar: