CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Minggu, 31 Mei 2009

Biography's Denny Sumargo

Biografi: Denny Sumargo - Dan Saya pun Bisa! ini adalah sebuah biografi singkat sebuah perjalanan anak bangsa yang sedang ingin berbagi cerita tetang dunianya. Dunia yang jauh dari apa yang mereka lihat tentang seorang Denny Sumargo seorang atlit basket seperti dunianya saat ini. Tapi itu hanya sebagian dari sisi hidupnya yang orang tahu, bagaimana perjalanan untuk menjadi seorang pebasket adalah misteri hidup yang pahit dan berliku.

Agnes davonar menceritakan kisah ini dalam sebuah Biografi berjudul Denny Sumargo: Dan saya pun bisa!. kisah panjang yang patut menjadi pelajaran bagi siapapun bahwa dunia ini sempurna bila kita menghendaki dengan tekat yang kuat dan yakin kita BISA! Karena sesungguhnya sejarah itu tercipta oleh kita sendiri dan Denny Sumargo pun bercerita tentang sejarahnya kepada anda.

BAGIAN 1

Namaku Denny Sumargo.

Saya lahir di Sulawesi utara tepatnya di Luwuk Bangawi sebuah kawasan utara Sulawesi yang indah nan luas dengan pemandangan lautnya yang eksotis. Terlahir dengan nama Denny Sumargo adalah pemberian ibu saya yang bermargakan Sumargo tepatnya Meiske Sumargo. Hingga saat ini hal-hal yang paling indah dalam hidup saya selalu terlukis dengan baik ketika saya bersama ibu duduk disebuah pantai sambil menikmati es kelapa yang dingin dan hangat sambil menikmati terbenamnya matahari.

Sejak kecil saya terbiasa hidup mandiri dengan kebebasan dan saya juga sangat keras kepala, sifat itu diwariskan oleh ibu saya yang berwatak keras dan pekerja keras. Ibu terlahir dari sebuah keluarga yang kaya dan berkecukupan tapi ia hanya lulusan Sekolah Dasar, sifatnya yang tomboy dan selalu membuat saudara-saudaranya berjumlah tujuh orang itu mengatakan ibu gadis barbal walau demikian ibu terampil sekali menjahit dan menyalon. Ibu saya bercita-cita menjadi seorang Polisi Wanita, cita-cita itu tidak pernah tercapai dan mungkin saja ia berpikir demikian karena terinspirasi oleh kisah pahlawan Wonderwomen yang termasyur ketika ia kecil dulu kala.

Ayah saya adalah seorang angkatan laut yang jatuh cinta pada eksotika Luwuk Bangawi, ia berasal dari Padang, Sumatra barat dan bernama Nazzarudin. Tidak banyak hal yang saya ingat tetang sosok ayah saya itu, sebab sejak saya berada di dalam kandungan ibu, Mereka bercerai. Kisah cinta mereka yang indah berakhir tragis karena keduanya memiliki sifat berlawanan. Ibu yang masih berusia 20 tahun sangat berbanding terbalik dengan ayah saya yang berusia 40 saat mereka menikah. Usia yang terpaut begitu jauh tidak mengendurkan niat mereka untuk saling mencintai.

Tapi yang saya dengar, ayah saya sangat sabar dan suka menolong orang lain. Sedangkan ibu termasuk orang yang tidak mau menerima pemberian dan selalu berusaha mencari apa yang dia mau dengan kemampuannya. Ibu gadis muda yang cantik memiliki hobi bermain bulutangkis setiap berkumpul bersama teman-teman sebayanya. Di kala itu ayah saya memutuskan untuk menetap di Luwuk sembari membuka usaha penjualan barang antik yang warung lapaknya bersebelahan dengan lapangan bulutangkis milik seorang Warga keturunan.

Suatu ketika saat ayah sedang berdagang, dilihatnya gadis muda itu setiap bermain bulutangkis disekitar warungnya dan akhirnya ia jatuh cinta pada gadis berpotongan rambut pendek dan bermuka manis itu. Ayah yang jatuh cinta berusaha mencari tau tentang sosok ibu dan usahanya tidak sia-sia ketika ibu bersedia berkenalan dengannya lewat macoblang penjaga lapangan bulutangkis. Ketika itu ayah saya sudah menikah dan mempunyai empat anak hasil pernikahannya dengan tiga istri, ibu terkejut bukan main ketika ayah berkata ia sedang menghadapai proses perceraian. Karena tidak pernah terpikir olehnya berkenalan dengan duda apalagi menikahi duda.

Ternyata cinta itu memang buta, ibu yang tidak pernah berpikir akan menikahi seorang duda akhirnya bersedia juga menikah dengan ayah. Padahal perbedaan mereka sangat banyak, ibu saya adalah seorang gadis keturunan Tionghoa dan beragama Katolik seperti penduduk Luwuk biasanya. Sedangkan ayah saya seorang muslim dan seorang pribumi tapi cinta itu membuat perbedaan itu hilang dan mereka bersatu. Ibu yang sedang duduk di pantai setelah lelah bermain bulutangkis bersama teman-temannya kedatangan ayah secara mendadak.

“ Meiske maukah kau menikah dengan saya?” tanya ayah.

Ibu terdiam sejenak dan melihat pria ini tanpa alang-aling langsung mengajaknya menikah.

“ Saya pikir-pikir dulu..”

Ayah tertunduk lesu , ibu melihat sebuah cinta yang tulus tapi tidak langsung menerima cinta ayah. Ia melihat kesungguhan ayah yang tiada henti memberikan cintanya tanpa batas. Setiap hari ayah menanyakan hal yang sama hingga suatu ketika ibu mulai luluh dan menjawab pertanyaan ayah dengan syarat.

“ Baiklah saya akan menikah dengan kamu tapi pastikan kamu telah bercerai secara resmi.”

Ayah tersenyum lebar dan bahagia melihat ibu bersedia menikahinya. Di kala itu, ayah memang belum secara resmi bercerai dengan Istrinya tapi ia menguatkan hati ibu dan akhirnya statusnya menjadi lajang dengan surat perceraian yang ibu lihat dengan nafas turun karena keberanian ayah. Ketika keputusan pernikahan itu sudah bulat, ibu dan ayah menghadapi masalah besar ketika nenek dari pihak ibu saya menolak kedatangan ayah untuk melamar ibu.

Nenek saya sangat kolot dan masih berpikiran tentang pernikahan hanya bagi yang seiman dan sesuku, tapi tidak dengan ibu saya yang berpandangan luas dan bebas. Diantara keempat putri yang ia lahirkan hanya ibu yang sering melawan dan bertengkar dengan nenek. Nenek sendiri bercerai dengan kakek sehingga ia mengalami sedikit gampang emosi karena kakek sangat sayang pada ibu saya. Saudara-saudara ibu yang laki-laki berjumlah tiga orang terkejut ketika ibu membawa ayah, mereka langsung berusaha mati-matian untuk menyadarkan ibu tentang pikirannya yang dinilai sudah rusak.

“ Astaga, Meiske. Kamu sudah gila ya?. Kamu mau menikah dengan seorang pria duda yang sudah menikah tiga kali dan parahnya dia itu berbeda agama dengan keluarga kita.” Ujar kakak laki-laki tertua itu dihadapan ibu dan ayah saya.

Nenek sepertinya sudah sangat marah ia langsung mengusir ayah saya dari rumah. Ibu menangis tak bisa berbuat apa-apa, ia mendapatkan tamparan keras dari nenek yang murka dan saudara-saudaranya berusaha memisahkan dengan membawa ibu ke kamar. Ayah yang sudah sangat jatuh cinta pada ibu tidak peduli dengan larangan nenek, ia terus berusaha menyakinkan ibu bahwa ia adalah pria yang layak menjadi suaminya.

Ibu yang keras kepala dan percaya terhadap dirinya akhirnya benar-benar nekad menikah dengan ayah. Kakek yang biasa mendukung ibu hanya memberikan dukungan dengan setengah hati, ia hanya menyarankan ibu untuk berpikir ulang. Ibu sadar pernikahannya dengan ayah akan membuat ia dimusuhi oleh semua saudara-saudaranya dan ia bertekad membuktikan kepada saudara-saudaranya pernikahan dengan ayah adalah kebenaran jalan hidupnya.

Ayah dan ibu bercerai

Masa pernikahan itu berjalan baik dan dilaksanakan disebuah rumah makan secara sederhana yang dihadiri oleh beberapa kerabat ibu dan ayah. Karena mereka berbeda agama maka pernikahan itu berjalan dua kali, pertama di Gereja sesuai agama yang dianut ibu dan di Mesjid sesuai agama ayah. Ibu bersedih ketika pernikahannya itu tidak dihadiri oleh keluarga kandungnya sendiri, Kakek memang datang pada saat upacara di Gereja tapi itu pun dengan setengah hati. Tapi cinta yang indah itu tidak pundar walau harga dari semua itu adalah ibu kehilangan saudara-saudaranya.

Sebulan setelah pernikahan itu ibu mulai membantu ayah menjaga warung barang antiknya sedangkan ayah sering pulang untuk bertemu anak-anaknya dari lain ibu. Beban ayah sangat berat dikala itu, ia harus menanggung semua biaya hidup kakak-kakak tiri saya yang masih bersekolah. Ketika ibu sedang melayani tamu yang berkunjung ia merasa mual dan akhirnya jabang bayi berusia satu minggu itu menjadi tanda cintanya yang disambut ayah dengan bahagia.

Kebahagiaan yang indah menyambut kedatangan saya ke dunia ternyata tak seindah bayangan ibu, ibu mulai sering frustasi terhadap ayah yang sering tidak pulang ke rumah. Parahnya setiap pulang mereka selalu bertengkar hebat hingga ibu mengambil keputusan pahit yang sangat disesali oleh ayah, ia ingin bercerai dengan ayah. Ayah tidak ingin bercerai karena saat itu ia sadar saya masih di perut ibu dan ia khawatir dengan keputusan ibu.

Entah alasan apa yang membuat ibu nekad berpisah dengan ayah, ia mengancam lebih baik ayah bercerai dengannya daripada ia kehilangan saya yang masih diperutnya. Ayah mengalah dan mereka pun berpisah, ayah yang sangat sayang pada ibu kemudian memberikan semua harta dan rumah hasil pernikahan mereka menjadi milik ibu. Ibu saya yang naif dan gengsi menolak pemberian itu ia memutuskan untuk kabur begitu saja menginap di rumah teman bermainnya. Dan sejak itu saya tidak akan pernah tau siapa ayah saya hingga kelak saya menjadi dewasa.

Atas saran temannya, ibu pun memutuskan untuk kembali pada keluarganya. Ibu rela menahan malu dan hinaan demi saya yang masih dalam perutnya. Ia rela melakukan apapun untuk membuat saya terlahir di dunia ini walaupun ia sadar setiap pasang mata keluarga ibu melihatnya sangat hina. Bahkan secara terang-terangan saudara-saudara ibu memaki ibu tanpa mengingat tali darah yang mengikat mereka. Puncaknya ketika ibu sudah tidak tahan ia memutuskan pindah ke Makassar untuk hidup bersama Bibi saya sembari berharap kelahirkan saya dapat melunakkan hati nenek untuk memaafkan ibu.

Tanggal 11 Oktober 1981 dengan perjuangan berat ibu melahirkan saya dengan tangis kebahagiaan. Ia langsung mendapatkan nama Denny untuk memberikan nama pada saya, setelah itu Bibi menyarankan ibu saya lebih baik ibu kembali ke nenek karena bisa saja nenek menjadi luluh dengan kelahiran saya. Ibu yang pada saat itu tidak bekerja tidak ingin merepotkan Bibi dan akhirnya memutuskan kembali ke rumah Nenek. Harapan nenek untuk luluh sirna, ia tidak tergoda sekalipun untuk berbaikan dengan ibu walau dengan kelahiran saya.

Nenek memang memberikan uang untuk keperluan saya selama masih bayi tapi itupun sepertinya dengan terpaksa. Cacian dan makian yang begitu dalam dan melukai hati ibu tidak hanya dari nenek saya tapi dari saudara-saudara kandungnya. Terkadang ketika ibu sudah tidak tahan akhirnya ia memutuskan untuk tinggal di rumah temannya, untungnya kakek saya masih bersedia memberikan uang untuk memberi susu. Ibu sadar ia tidak bisa selamanya berharap pada nenek saya, ia pun mempraktekan kemampuannya di bidang menjahit untuk mencari nafkah guna menghidupi saya.

Ia bekerja pada sebuah rumah konveksi di dekat rumah untuk menjaga jarak agar tidak terlalu jauh dari saya. Setiap jahitan yang melekat di pakaian ia menanamkan sebuah tekad untuk membuat saya menjadi orang berguna, tekadnya yang besar tidak hanya disimpan dalam hati. Bahkan ibu bekerja dua kali untuk hidup saya. Di pagi hari ia bekerja di konveksi kemudian di siang hari ia memberikan susu ASI kepada saya lalu kembali bekerja hingga sore. Setelah bekerja menjahit, ia bekerja malam di sebuah salon kencantikan sebagai tenaga bantu. Gajinya tidak besar tapi cukup untuk membuat saya tumbuh menjadi gemuk dan sehat.

Setelah melihat saya mulai bisa berjalan dan merangkak, ibu begitu bahagia namun tetap dalam keadaan tertekan oleh saudara-saudaranya. Ayah yang mendengar kelahiran saya tidak mempunyai kesempatan untuk bertemu karena ibu tidak sudi mempertemukan kami. Ayah selalu menitipkan uang saku kepada sahabat ibu untuk diberikan sebagai uang keperluan saya, tapi ibu menolak dan malah membalikkan uang itu dengan tegas.

Saya masih ingat hal yang paling menyedihkan dalam hidup saya untuk mengenang ibu, di kala itu saat saya berusia empat tahun. Saya tertidur pulas dan ibu membangunkan saya dengan air mata berlinang yang membuat saya heran. Dengan cepat ia mengangkat tubuh saya melewati saudara-saudaranya yang berdiri di ruang tamu. Saya masih terlalu kecil untuk mengerti apa yang mereka katakan pada ibu tapi kata-kata itu sangat hina dan kejam.

Malam yang dingin menusuk disertai hujan rintik-rintik, ibu terusir oleh saudara-saudaranya dengan sekoper baju apa adanya. Ia membopong tubuh saya yang gemuk diantara malam, saya ketakutan tapi ibu sekali lagi tidak peduli dan terus membawa saya berjalan tanpa arah dan tanpa uang sepeserpun. Kami berhenti di sebuah sudut rumah besar yang tidak kami kenal, ibu mungkin kelelahan dan terduduk dengan air mata yang terus berlinang di halaman tersebut.

“ Mama.. Denny mau pulang..!” teriak saya.

Ibu terdiam, ia menghapus air matanya lalu berkata pada saya untuk mencoba tidur. Tapi halaman rumah itu terlalu banyak nyamuk dan bau air got yang menusuk. Saya pun menangis kencang meminta untuk pulang, Ibu sepertinya sudah sangat marah dan ia menampar saya.

“ Dengar.. Mama tidak akan pernah kembali ke rumah itu, jadi kamu jangan berharap kita pulang..!” teriak ibu pada saya.

“ Tapi Denny kedinginan dan banyak nyamuk.. !”

Ibu memeluk saya lalu menutupi saya dengan sisa pakaian yang ia bawa dari kopernya. Saya merasa lebih baik dan ia berkata pada saya, kata-kata itu begitu melekat dalam ingatan saya.

“ Denny dengarkan Mama, berjanjilah pada Mama.. kelak jangan pernah membiarkan orang lain menginjak-injak harga diri kita. Walaupun kita tidak punya uang dan kelaparan tapi jangan pernah biarkan siapapun orang itu menghina kita. Mama janji pada kamu, suatu saat akan membuat kamu menjadi orang besar dan membuktikan pada siapapun bahwa Mama bisa !!”

Saya begitu terkesima dengan kalimat yang ibu saya ucapkan hingga nyaris melupakan rasa gatal gigitan nyamuk. Tapi disinilah saya melihat ketegaran dan tekad ibu saya yang besar kepada saya, saya sadar setiap air mata yang ia jatuhkan bukanlah air mata kesediahan tapi air mata penderitaan. Saya tidak pernah menyadari bahwa kata- kata ibu terasa begitu menyedihkan ketika saya menjadi dewasa dan mengingat kejadian itu. Kami tertidur di halaman rumah itu seperti gembel saja, saya dan ibu terlihat begitu menyedihkan tapi itulah sejarah hidup yang tak akan pernah saya lupakan.

Kami pindah ke Makassar.

Dengan berbagai bantuan teman-teman ibu, akhirnya kami bisa mendapatkan uang dan pergi ke Makassar untuk sekali lagi tinggal bersama saudara ibu, Bibi yang pernah menolongnya. Di Makassar ibu hanya sementara tinggal bersama Bibi saya mengingat sepertinya Bibi tidak pernah rela menampung kami dengan ikhlas. Untungnya kami bertemu dengan seorang sahabat kecil ibu yang bernama Tante Ana dan suaminya. Ia adalah sahabat ibu semasa Sekolah Dasar dulu, mereka sudah menikah sejak tiga tahun lalu namun sayang tidak dikarunia seorang anak.

Ibu menumpang pada keluarga itu cukup lama terlebih kedua orang itu sangat menyukai saya, kehadiran saya dalam keluarga itu seolah mengobati kerinduan mereka terhadap seorang anak. Ibu bekerja seperti dulu menjahit disebuah rumah konveksi, ketika ia bekerja saya dijaga oleh tante Ana yang begitu mencintai dan memanjakan saya. Ibu yang mendapatkan peluang usaha dari uang yang ia kumpulkan dari hasil kerjanya di Konveksi mulai berpikir untuk berdagang baju.

Awalnya ia memberi pakaian yang ia pesan dari Jakarta kemudian dengan sekarung tas besar ia membawa pakaian-pakaian itu untuk dijajahkan di setiap rumah di sekitar Makassar. Walaupun terasa menyedihkan dan serta kepanasan karena cuaca Makassar yang panas, ibu tidak pernah menyerah. Dalam pikirannya hanya satu ia ingin saya bisa bersekolah setahun mendatang ketika usia saya 6 tahun. Saya terkadang hanya bisa menahan haru ketika ibu berangkat berdagang setelah mengecup kening saya dan membiarkan Tante Ana mengendong saya.

Terkadang hasil berdagangnya lancar tetapi terkadang juga tidak sama sekali, tapi tekad ibu yang kuat membuat semua dijalankan dengan ikhlas disertai jalan Tuhan. Ia percaya bahwa Tuhan akan memberikan jalan padanya agar bisa menyekolahkan saya, padahal saya tidak pernah terpikir untuk sekolah dan selalu menghabiskan waktu ikut dengan suami Tante Ana ke Pasar untuk belajar banyak hal. Tante Ana bersuamikan seorang Preman pasar yang kerjanya menagih upeti dari setiap pedagang. Jadi saya tidak asing melihat sedikit kekerasan yang ia perlagakan kepada saya.

Suami Tante Ana pandai berkarate dan ia tanpa ragu mengajarkan saya untuk berkarate agar bisa menjaga diri saya, saya yang terinspirasi oleh kisah Superman akhirnya ikut juga dalam setiap ajaran karate yang selalu kami lakukan setiap sore di halaman rumah kami. Saya menikmati masa-masa kebahagiaan dan kasih saya yang tidak pernah saya dapatkan dari saudara-saudara ibu dari Tante Ana dan suaminya. Usaha ibu berjalan dengan baik dan ia memutuskan untuk membeli langsung pakaian ke Jakarta, bisa jadi dalam setiap tiga bulan ia pulang pergi kota Jakarta dan Makassar.

Ketika ibu berpergian, Suami Tante Ana yang kebetulan berkeyakinan Muslim mulai mengajarkan saya tentang agama Islam. Saya mulai mengerti sedikit tentang bagaimana Sholat dan membaca Al-Quran, masa-masa itu menjadi masa paling indah saya, mereka sudah seperti orang tua saya yang begitu tulus memberikan kasih sayangnya pada saya. Ibu saya yang semakin sibuk akhirnya malah lebih memutuskan untuk berdagang diluar Kota Makassar dan bisa dalam seminggu ia tidak pulang, tapi saya tidak cemas karena orang tua baru saya ini menjaga saya dengan baik.

Ibu yang sudah mulai memiliki sedikit tabungan mulai berpikir tentang masa depan saya, ia berpikir saya akan hidup lebih baik dengan bersekolah di Jakarta. Ketika ide itu diceritakan kepada Tante Ana dan suaminya, mereka keberatan. Mereka sudah sangat mencintai saya seperti anak kandung dan tidak rela untuk dipisahkan dengan jarak yang begitu jauhnya. Tapi ibu yang keras kepala tetap berpikir untuk membawa saya ke Jakarta dan sejak itu terjadilah percekcokan antara ibu dan Tante Ana berserta suaminya.

Saya yang tidak mengerti apa-apa pada saat itu hanya bisa diam dan menangis melihat mereka bertengkar. Tante Ana dan suaminya yang sudah tidak rela dengan kepergiaan saya kemudian mengambil keputusan untuk membawa saya pergi tanpa sepengetahuan ibu. Tiga bulan lamanya saya tinggal di rumah ibu dari tante Ana tanpa pernah bertemu dengan ibu saya. Ketika saya tanyakan tentang keberadaan ibu, tante Ana dan suaminya hanya berkata

“ Mama kamu sedang bekerja di Jakarta.. kamu disini sama Tante saja..” ujar Tante sembari memberikan mainan mobil untuk menghilangkan rasa kangen terhadap ibu saya.

Saya tidak sadar bahwa saya sedang diasingkan dari ibu hingga suatu ketika saat saya sedang membeli kue manisan di jalan dan menemukan ibu yang langsung memeluk saya. Dengan cepat ibu langsung menarik tangan saya menaiki angkutan umum tanpa saya ketahui saya sedang dibawa pergi dari kedua orang tua baru saya. Saya yakin mereka akan panik mencari saya tapi seingat saya ibu sudah mengirimkan pesan pada sebuah warung untuk memberitahu bahwa saya dibawa oleh ibu untuk kembali padanya. Sejak saat itu saya tidak pernah lagi bertemu orang tua baru yang sangat mencintai saya itu selamanya.

Rabu, 27 Mei 2009

Steve Nash Biography

Born in South Africa on February 7, 1974, Stephen John Nash and his family moved to Canada when he was still a young boy. Nash's father was a minor league pro soccer player while and his mother was played for the English National Netball team while they lived in South Africa, and both his sister and his brother play soccer. Although Nash played soccer throughout school, he decided to focus on basketball during his high school years. During his college years, he headed for the NBA draft, where he met Dirk Nowitzki, and the two became friends.

During the NBA draft, he was selected 15th by the Phoenix Suns in the first round during 1996. He was the first Canadian to be selected that high up in the draft. Although the fans in Phoenix didn't care for him much during his first season, he continued to wow the coach and the basketball scoreboards around the nation. But, in 1998, Nash was traded to the Dallas Mavericks, where his long time friend Dirk Nowitzki was playing. Nash was not received well in Dallas either, after a lower back injury kept him from playing in the first 10 games of the season. And, in the 1999-2000 season, he suffered an ankle injury that kept him from playing 25 games. But, to prove all the negative comments wrong, he came back with some career making moves that led him to improve his overall game, and gain some respect in the fan's eyes.

During the 2000-2001 season, his average points were over 15 per game and rising. Along with other star players on the team, this new “dream team” was swiftly scoring points and winning games all over the board. In 2001-2002, he continued to improve his average points per game and was offered a spot on the NBA All-Star Game on the third team. Again, in 2002-2003, he still continued to improve his scoring and was once more asked to join the NBA All-Star team on the third team.

But, the 2003-2004 season saw a decline in his average points per game, and he was not chosen for the NBA All-Star game this year. When his contract with Dallas expired, he tried to negotiate with the new owner. Even though Dallas didn't want to lose Nash, he did to the Phoenix Suns, where Nash was offered more money and a better deal all around. So, in 2004-2005, Nash appeared on the basketball court, playing for the Suns once more.

With Nash once again playing for the Suns, and several other newcomers, the team began to win and play better overall once more. They would consistently overrun other teams and became the highest-scoring team in the league in over a decade. But, once again, as his career was on the rise in Phoneix, Nash suffered yet another injury. Without Nash's leadership, the Suns lost their next three games. But, Nash still managed to gain the coveted MVP award for the 2004-2005 season.

In the 2005-2006 season, Nash was still playing for the Suns, leading the team once more to victories all over the board. With his amazing season, it was a sure thing that he gained the MVP award once again, for the second year in a row. He also finally made the NBA All-Star's first team for the very first time.

Rabu, 13 Mei 2009

Cristiano Ronaldo Biography's

Cristiano Ronaldo

Full Name Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
Date of Birth 5th of February 1985 (Monday)
Place of Birth Funchal (Madeira island, Portugal)
Nationality Portuguese
Marital Status Single
Current Girlfriend none
Height 1.84m
Weight 78.00kg
City of Birth Madeira
Zodiac Sign Aquarius
Chinese Zodiac Sign Ox
Favourite Colour White

Childhood Nickname Kluivert (from Patrick Kluivert)
Childhood Team Sport Lisboa e Benfica
Childhood Hero Maradona
Current Heroes Luis Figo and Thierry Henry
Person you’d most like to meet Mike Tyson
Favourite Moviestar Jean Claude Vandamme
Favourite Movies “The Sixth Sense” and “The Rock”
Favourite Actress Angelina Jolie
Favourite Charlie’s Angel Drew Barrymore
Favourite Music Dance Music
Favourite meal “Bacalhau a Braz” (a Portuguese cod fish, made with potatoes and scrambled eggs)
Drink “Santal” (Regional fruit drink)
Hobbies Going for walks, going to the cinema, listening to music and sometimes just spending time alone.
Girlfriend Status No girlfriend

Wartawan Demo Protes Pemukulan

Jakarta: Puluhan wartawan media cetak maupun elektronik dari komunitas wartawan berunjuk rasa di depan Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (13/5). Mereka menuntut pelaku pemukulan terhadap reporter SCTV, Carlos Pardede, ditangkap dan diproses secara hukum. Selain berorasi, wartawan dari berbagai media itu juga mengancam pihak BI jika bersikap tak acuh terhadap persoalan tersebut.


Sementara itu, empat orang yang mewakili komunitas wartawan juga menemui pihak BI untuk membahas soal pemukulan yang terjadi pada pagi tadi. Perwakilan tersebut merupakan koordinator wartawan foto, cetak, dan televisi. Hingga berita ini disusun, pertemuan masih berlangsung.

Reporter SCTV, Carlos Pardede dipukul satpam gedung BI saat hendak mewawancarai Boediono, Gubernur BI yang disebut-sebut calon kuat pendamping Susilo Bambang Yudhoyono. Salah seorang petugas kemudian membenturkan kepalanya pada Carlos hingga pelipis bagian kirinya robek.

Kisah Sukses Pabrik Kata - Kata Joger

Satu lagi orang sukses di Indonesia yang berhasil menemukan bakat kecerdasannya melalui rangkaian kata-kata. Saya sering bertemu dengan orang yang pintar merangkai kata-kata atau istilah kerennya plesetan, namun tidak banyak yang menggunakan bakat ini dalam dunia bisnis.

Brand Joger salah satu fenomena di dunia Bisnis yang berhasil menanamkan brand pabrik kata-kata yang identik juga dengan pulau Bali. Maka dari itu tidak lengkap jika kita berlibur ke pulau Bali jika tidak mengunjungi Joger. Hampir tiap hari ribuan orang memenuhi show room Joger yang terletak di Jalan Raya Kuta. Terutama ketika musim liburan tiba, 17 kasir yang tersedia selalu berisi antrian panjang.

Hingga saat ini, Joger memiliki sekitar 150-an ‘anggota keluarga’ (sebutan untuk karyawan Joger). Usaha Joger mampu memberikan kesempatan kerja bagi banyak orang buangan termasuk orang cacat sehingga mereka mampu berkarya untuk hidup mereka. Jika dilihat sukses Joger saat ini, mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa pemilik Joger bukanlah seorang yang berpendidikan tinggi S1 atau S2.

bapak joger - pendiri jogerPendiri Joger atau sering disebut Mr. Joger atau Pak Joger bernama Joseph Theodorus Wulianadi. Joger memiliki salam khas Selamat Pagi, tidak peduli apakah hari sudah siang atau malam. Nama Joger sendiri merupakan singkatan dari namanya, Joseph dan Gerhard Seeger. Gerhard adalah teman sekolahnya ketika di Jerman yang memberi US 20.000 sebagai hadiah pernikahannya.

Usaha Mr Joger dimulai dengan modal 500ribu pada bulan Juli 1980. Beliau mulai merangkai kata-kata sendiri, disablonkan kepada orang lain, memasarkan sendiri door to door, gedor-gedor rumah orang dan hasilnya sekarang pembeli yang harus ngantri di Joger. Produk yang paling pertama ia hasilkan adalah kaos. Kaos itu dibuat dengan kata-kata, “Belanja tidak belanja tetap thank you”. Waktu itu masih menggunakan desain manual.

Menurut cerita Mr. Joger, 19 januari 1981 usahanya mulai menanjak. Ini ditandai dengan membuka toko di Jalan Sulawesi 37, Denpasar dengan nama Art & Batik Shop Joger. Kemudian selanjutnya Tahun 1983 membuka toko lain di jalan yang sama. Terakhir tahun 1986, Mr. Joger membuka toko di Jalan Raya Kuta hingga saat ini.

Namun Mr Joger malah ‘bertobat’ dan membatalkan niatnya untuk menjadi konglomerat. Dua toko di Jalan Sulawesi akhirnya ditutup Mr. Joger pada Tahun 1987 walaupun secara materi menguntungkan. Walaupun demikian saat ini sedang dibangun pusat Joger lainnya di daerah Baturiti, Tabanan Bali. Ini semata-mata karena toko Joger di jalan raya Kuta sudah terlalu sempit untuk menampung ribuan pengunjung tiap harinya.

Konsistensi Joger untuk mempertahankan Brand Joger di pulau Bali juga mampu mempertahankan hidup brand dan keaslian brand tersebut. Joger tidak bisa dibeli di luar pulau Bali, sehingga jika orang menggunakan Joger berarti pernah berlibur ke Bali. Kualitas kainnya pun tidak kalah dengan brand luar negeri seperti Billabong dan Quick Silver, namun harga merakyat untuk orang Indonesia.

Sekalipun begitu terkenal dengan limpahan materi yang cukup. Baginya itu tidaklah seberapa. Sukses tidak bisa diukur dari kekayaan materi. “Sukses itu adalah ketika kita bisa merasakan bahagia. Walau kaya dengan materi segunung kalau belum bahagia itu namanya belum sukses. Apalagi miskin dan tidak bahagia,” lontarnya sambil terkekeh.

Cara mengelola usahanya sendiri, Mr Joger mengaku tidak seribet dengan usaha lain. Dia seringkali membuat manajemen berjalan dengan sendirinya. Yang ada adalah pembagian kerja dari masing-masing ‘anggota keluarga’. Karena katanya, setiap orang adalah pemimpin. Mereka tahu tanggung jawabnya dan tahu maju mundurnya perusahaan ada di tangan masing-masing.

Usaha Mr Joger ini umumnya dikelola dengan sistem yang bertentangan dengan keumuman usaha. Misalnya dalam setiap produk dari usahanya selalu dibilang jelek. “Joger jelek,” tapi yang seperti ini justru yang disukai pembeli.

Dengan strategi pemasaran yang sering bertentangan dengan kelaziman, ternyata karir Mr Joger terus menanjak. Bahkan, hingga kini ia mengaku tidak pernah mengalami kemunduran. ‘Nggak pernah mundur. Malah maju terus,” tandasnya.

Knowing & 2012 : Film Kiamat

Film Knowing Kiamat 2012Tahun ini ada dua film yang akan memberi gambaran Anda tentang hari kiamat. Selain '2012', Anda bisa menyaksikan Film Knowing yang dibintangi bintang film 'Bangkok Dangerous', Nicolas Cage.

film garapan Alex Proyas itu, Nicolas Cage akan berperan sebagai John Koestler. John Koestler adalah pria yang harus menyelamatkan diri setelah hitungan-hitungan seram tentang masa depan menjadi kenyataan.

Selain Nicolas Cage, 'Knowning' dibintangi oleh Chandler Canterbury, Rose Byrne dan Lara Robinson. Rencananya film tersebut akan mulai diputar di bioskop pada 20 Maret 2009.

Sementara '2012' akan menyusul pada 13 November 2009. Film itu dibintangi John Cusack, Thandie Newton, Woody Harrelson, Amanda Peet dan Danny Glover.

Nggak kalah dengan film yang dibintangi Nicolas Cage itu, '2012' menampilkan bencana alam dasyat yang akan melanda seluruh bumi pada 2012. Mulai letusan gunung berapi, badai hingga mencairnya gunung es hadir di film itu.

Flu Babi belum usai, Flu Kuda mewabah

Dunia medis seolah mengalami berbagai cobaan yang ditandai dengan datangnya penyakit flu babi jenis baru. Meski pandemik flu babi ini belumlah usai, dunia medis kembali dikejutkan dengan adanya virus baru yakni virus flu kuda.

Flu babi yang disebut juga swine flu yang diperkirakan akan menjadi pandemi/wabah mengakibatkan beberapa penerbangan dalam negeri terutama di Jakarta dan Bali meningkatkan pengawasan penumpang yang baru datang dari luar negeri, khususnya dari negara yang suspect flu babi.

Sedangkan virus flu kuda yang diberi nama equine influenza ini sudah menyerang tiga negara. Yakni Jepang, India dan Australia. Di India saja, flu kuda telah menewaskan 43 kuda di negara bagian barat India Rajasthan dan Gujarat. Tahun lalu, pemerintah Provinsi Saga di Jepang juga membatalkan perlombaan pacuan kuda menyusul berjangkitnya flu kuda pada sembilan kuda balap.

Sebelum itu, kecemasan akan merebaknya wabah flu kuda ini terjadi di Australia, setelah sedikitnya empat ekor kuda di Sydney dinyatakan positif terserang flu kuda pada pertengahan Desember. Media Australia memperkirakan kuda-kuda itu tertular flu dari kuda asal Jepang yang bertandang ke Sydney.

Berdasarkan laporan yang diberikan laboratorium di Hissar, Haryana, di India Utara, kematian kuda akibat serangan flu itu pertama terjadi pada Januari di Gandhinagar Gujarat. Pemerintah Guajarat memutuskan melarang membeli dan menjual kuda di negara bagian itu guna mencegah penyakit tersebut menyebar luas.

Penyebab Flu Kuda (Equine Influenza)
Flu Equine disebabkan oleh virus Influensa A yang endemik pada kuda. Virus tersebut diketahui bisa berpindah ke jenis hewan lain namun sampai saat kemarin belum diketahui menular pada manusia. Penanda flu kuda adalah dengan sangat tingginya penularan di antara kuda, dan mempunyai masa inkubasi yang sangat singkat, yakni satu sampai lima hari. Ciri-ciri kuda yang terkena flu kuda adalah demam, batuk kering dan keluar ingus dari hidung kuda tersebut.

Semoga wabah penyakit yang menakutkan seperti flu burung, flu babi dan flu kuda bisa cepat berakhir.

Rabu, 06 Mei 2009

Akhir Episode Doraemon


glitter-graphics.com
Siapa yang tak kenal dengan Doraemon ???? mustahil tidak ada yang mengenal kucing biru berkantong ajaib ini.....Di Indonesia, 10 tahun sudah fil seri Doraemon ini diputar di channel RCTI Pernah dan komiknya sudah terbit hingga 40 jilid....
Namun....

Apakah kalian pernah dengar cerita yang katanya episode terakhir seri Doraemon?
Memang..., komik Doraemon memilki cerita yang menggantung. Bukan tanpa alasan, mengingat Fujiko Fujio, sang kreator jenius ini wafat sebelum berhasil menamtakan cerita tentang Doraemon. Namun ternyata, belakangan ini, terfengar desas - desus, bahwa sebelum meninggal, Fujiko menyisipkan sebuah cerita tambahan, yang notabene merupakan episode pemungkas Doraemon....
Episode terakhir ini sangat terkenal dan disebar luas lewat forwardan email sejak tahun 90-an. Walaupun versi Inggrisnya yang dikenal luas lebih singkat dari aslinya yang berbahasa Jepang, inti ceritanya yang terkandung, tetap bisa kita tangkap/
Singkatnya, cerita terakhir Doraemon ini dibuka fengan adegan saat Nobita pulang dengan menangis karena diganggu Giant. Seperti biasa, ia merengek
" Doraemmmoonnnn... !"
" Pinjami aku ituu dong... "
" Aku sudah tidak tahan lagi dengan sifat Giant... "

Tetapi, doraemon, sahabatnya tidak bergeming. Ia membisu dengan pandangan kosong, dan terjatuh ketika Nobita menyentuhnya.
Alhasil, Nobita pun menghubungi Dorami, sang adik. Dorami pun mengatakan bahwa kemungkinan besar batere kehidupannya telah habis, namun sayangnya... sirkuit support Doraemon sudah tidak berfungsi karena sirkuit tersebut terletak di kupingnya yang hilang karena digigit tikus.
Jalan satu - satunya adalah membawa pulang Doraemon ke masa depan untuk diperbaiki, namun sebagai resikonya, Memori dalam otak Doraemon akan ter-reset ulang sehingga otomatis kenangannya bersama Nobita akan hilang.
Jalan lain adalah, menunggu seseorang yang dapat memperbaiki Doraemon dengan pengetahuan yang canggih.
Sembari mengingat - ngingat kenangan manis dan segala pertualangan yang telah mereka lalui bersama, Nobita memutuskan jalan yang ke 2...Menunggu seseorang yang dapat memperbaiki Doraemon, dan itu orang tersebut adalah dirinya sendiri....
Sejak saat itu, hidup Nobita berubah 180 derajat.
Ia menjadi murid yang rajin, tidak pernah terlambat, dan selalu belajar dengan tekun. Hingga saat SMA ia mendapat nilai ujian tertinggi di Jepang yang mengalahkan Dekisugi ( siswa jenius, saingan Nobita dalam cinta )
" Kau hebat Nobita... saat ini tidak ada lagi yang mampu mengalahkanmu dalam ujian ...!"
namun Nobita menjawab...
" Bukan nilai tinggi yang kucari....., melainkan sebuah pengetahuan yang jauh lebih besar "

Singkat kata, beberapa tahun kemudian, Nobita berhasil menjadi seorang professor Teknik dan tentunya... menikah dengan Shizuka.
Suatu ketika, ia memanggil Shizuka ke sebuah ruangan rahasia, yang selama ini tidak seorang pun yang boleh memasukinya....
" Bukankah.. ini adalah ruang rahasia dan berbahaya untuk dimasuki ...Nobita? tanya Shizuka
Namun, tak lama Shizuka terdiam, saat melihat pemandangan yang tertidur di depannya. Sebuah sosok yang ia kenal dengan baik, dan tak akan pernah dilupakannya sampai kapan pun...
..... Doraemon.....
" Doraemonn.. ? Shizuka terkejut...
" Sekarang akan kucoba menyalakannya.....!" Nobita menekan sebuah tombol...
dan tak lama...
Benda itu bergerak dan membuka matanya....
" Nobita !! apa kamu sudah mengerjakan PR-mu ?
Shizuka pun langsung meneteskan air mata, tatkalaNobita berlari memeluk Doraemon,
sahabat terbaiknya yang telah kembali pulang setelah 20 tahun lamanya....

Manfaat Buah Naga

buah-naga-dan-manfaatnya.jpeg

( Dikutip dari berbagai sumber ) Buah naga disebut juga : Kaktus Manis, atau Kaktus Madu terbilang buah yang baru dikenal di Indonesia. Buah naga ini mulai dikembangkan di tanah air, serta memiliki peluang besar untuk disebarluaskan.Buah naga termasuk dalam keluarga tanaman kaktus dengan karakteristik memiliki duri pada setiap ruas batangnya.

Setiap negara memunyai sebutan yang berbeda terhadap buah ini, misal :

Feuy Long Kwa (Cina),

Thanh Long atau Clever Dragon (Vietnam),

Kaew Mangkorn (Thailand),

Shien Mie Kuo (Taiwan),

Pitahaya (Mexico),

Melano (Hawai),

Rhino Fruit (Australia). Sedangkan secara internasional buah disebut Dragon Fruit.

Buah Naga, Kaktus Manis, Kaktus Madu ( Indonesia )

Asal tanaman Buah Naga :

Sebagian besar sumber menyatakan bahwa aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Selatan. Konon disebut buah naga, karena seluruh batangnya yang menjulur panjang seperti layaknya naga. Dalam perkembangannya, tanaman ini kemudian dikembangkan di Israel, Thailand dan Australia.

Asalnya hanyalah buah hutan yang tidak dimakan, tetapi, setelah dibawa oleh orang Perancis ke China, ia berubah nama menjadi buah naga, kemudian ditanam secara meluas di Vietnam sebelum berkembang ke Asia termasuk Malaysia. Buah naga yang semula tidak boleh dimakan karena dianggap makanan dewa dan tidak ada perhatian di negara asalnya, sekarang terkenal di seluruh dunia malahan menjadi hidangan eksklusif dalam pesawat terbang dengan jus buah naganya.

Tahun 2001 buah ini hanya dikembangkan di Israel, kemudian Australia, Thailand dan Vietnam, tetapi sekarang sudah mulai merambah pasaran Indonesia.

Saat ini Vietnam dan Thailand merupakan pemasok buah naga terbesar di dunia. Namun permintaan yang bisa dipenuhi baru 50 % saja. Sementara di pasar lokal, kendati masih sedikit, buah naga lokal juga sanggup bersaing dengan buah naga impor.

Buah ini sekarang mulai tersedia di toko buah dan pasar swalayan dan sejumlah perkebunan melirik komoditas ini lantaran budidayanya mudah dan prospek ke depan cerah dibanding buah lainnya.

Di Indonesia, buah naga ini masuk ke tanah air mencapai 200-400 ton/tahun asal Thailand dan Vietnam.

Jenis buah naga ada empat macam, pertama buah naga daging putih (Hylocereus undatus), buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus), buah naga daging super merah (Hylocereus costaricensis) dan buah naga kulit kuning daging putih (Selenicerius megalanthus).

Buah naga dikembangkan di Malaysia

Di Malaysia, Buah Naga dibudidayakan pertama kali oleh Chan Weng Chuen. Berlokasi di Pahang, sejak lima tahun lalu. Setelah Chan, 41, mempelajari tanaman yang sangat popular di Taiwan serta beberapa negara Indochina, terutama Vietnam.

Sejak itu, seorang pengelola pusat karaoke ini tertarik untuk mencoba mengusahakan tanaman itu secara komersial. Dia kemudian pergi ke Taiwan untuk mengikuti kursus selama sebulan berkaitan penanaman buah naga yang juga dikenal dengan nama Cereus ini. Dengan modal awal RM100,000, Chan memulai penananam seluas 1.6 hektar di Lepar, Pekan dengan menggunakan benih stek yang diperolehi dari Taiwan.

Menurutnya, setahun berikutnya, semua tanaman mulai berbuah dan setahun kemudian dia berjaya memperoleh kembali modal awalnya. Kejayaan itu mendorong Chan membuka tiga buah ladang lagi, masing-masing seluas 1.6 hektar di Pulau Manis, juga di Pekan dan di Panching serta Kampung Batu.

Buah-buah naga itu dieksport ke Singapura dua kali sebulan dengan jumlah 3 ton setiap pengiriman, selain memasarkannya di sekitar kota dan Kuala Lumpur.

Chan dapat menghasilkan 10,000 buah bernilai kira-kira RM45,000 pada tahun kedua setelah penanaman. Dia yakin jumlah itu akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya.

Ada dua jenis tanaman buah naga yang ditanam di ladangnya iaitu jenis isi berwarna putih dan isi berwarna merah yang ternyata paling sesuai dengan cuaca di Malaysia serta sangat diminati penggemarnya.

Menurut Chan buah naga isi merah adalah spesies yang paling sesuai dan bermutu untuk ditanam secara besar-besaran karena rasanya lebih manis dan berair serta harganya jauh lebih tinggi daripada spesies lain.

Buah naga isi merah beratnya mencapai 1 kg dengan harga pasaran sekitar RM10 hingga RM12 tiap kilogram, sedangkan harga buah naga isi putih yang rata-rata beratnya sekitar 500 gram dan harganya sekitar RM6 per kilogram.

Selain buahnya, buah naga juga menghasilkan bunga yang cantik yang hanya kembang pada waktu malam.Bunganya mampu bertahan selama seminggu tanpa disiram, di Kuala Lumpur banyak restaurant yang menyajikan sayur kelopak bunga Buah Naga.

Cerita masuknya buah naga ke Indonesia

Di Indonesia sendiri Buah Naga baru masuk sekitar tahun 2000 dan dibudidayakan untuk pertama kalinya oleh Joko Rainu Sigit, seorang warga Delangu, Klaten, Jawa Tengah.

Ia mendatangkan sekitar 250 benih tanaman ini dari Thailand. Selama 2 tahun.

“Saya melihat tanaman ini pertama di Israel, dan waktu itu ada teman dari Thailand pulang membawa bibitnya dan terus dikembangkan di negaranya sendiri sampai sekarang,” kata Djoko Raino Sigit yang juga sarjana biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Kemudian tahun 1997 Joko Raino Sigit datang ke Thailand dan melihat tanaman buah naga yang bibitnya pernah dibawa dari Israel itu bisa berkembang baik.

Mahasiswa asal Thailand yang kuliah di luar negeri biasanya setiap pulang diwajibkan membawa tanaman yang di negaranya tidak ada dan tanaman-tanaman yang ada itu juga sulit untuk bisa dibawa keluar.

“Untuk mendapatkan bibit buah naga dari Thailand ini juga perlu perjuangan yang panjang, tidak semudah di Indonesia bibit tanaman apa saja sepertinya dibiarkan saja dibawa orang keluar negeri,” ujarnya.

Dia baru berhasil mendapatkan bibit buah naga tersebut setelah melakukan kerjasama dengan teman yang ada di Kedutaan Indonesia di Bangkok.

“Waktu itu saya bisa membawa pulang satu koper bibit buah naga berbentuk stekan pohonnya dan setelah tiba dirumah terus dicoba ditanam dan dikembangkan sampai sekarang,” ujarnya.

Bibit yang dibawa pulang ke tanah air itu jenis buah naga daging putih seperti dikembangkan di Thailand dan Vietnam.

Buah naga daging putih kulitnya merah dan sangat kontras dengan daging putih yang ada di dalamnya. Di dalam daging itu bertebaran biji-biji hitam. Jenis ini banyak dijumpai di pasar lokal maupun mancanegara, bobot rata-ratanya 400-500 gram.

Buah jenis ini bercitarasa manis bercampur masam segar, mempunyai sisik atau jumbai kehijauan di sisi luar, serta kadar kemanisannya tergolong rendah dibandingkan buah naga jenis lain, yakni 10-13 briks.

Joko Raino Sigit pengusaha Buah Naga pertama di Indonesia

Sampai sekarang sudah tujuh tahun lebih, Joko Raino Sigit yang juga lulusan S2 teknik lingkungan UNS itu mengembangkan tanaman buah naga, dia mengaku dibantu istrinya, Ny Endang Susilowati, SPd.

Dalam usahanya yang tanpa kenal menyerah dan putus asa dari bibit berbentuk stek satu koper itu dalam jangka waktu tujuh tahun telah bisa dikembangkan menjadi kebun buah naga seluas 17 hektare di Desa Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, dan ratusan tanaman buah naga di dekat rumah sebagai kebun percontohan di Delanggu, Klaten, Jawa Tengah.

Tiap pohon umur satu tahun minimal bisa menghasilkan buah tiga kilogram, sementara harga dijual di tempat Rp27 ribu/kilogram, dan kalau sudah sampai toko buah atau pasar swalayan antara Rp35 ribu sampai Rp40 ribu/kilogram.

Tanaman buah naga yang dikembangkan ini satu tahun bisa berbuah tiga kali, dan produksinya bisa terus meningkat, asalkan dirawat dengan baik dan tidak tercemar udara dari perusahaan. Lahan seluas satu hektar bisa ditanami 6.000 pohon, katanya.

Berawal dari budidaya tanaman buah naga, Joko Rainu Sigit kini menjadi peladang bisnis. Tidak hanya buahnya, tapi juga permintaan bibitnya melesat pesat. Tahun 2002 Joko mengaku investasi tanaman buah naga ini sudah mengalami titik impas atau break even point, 2 tahun setelah ditanam tahun 2000.

Cukup mengiurkan memang bisnis buah naga ini. Dalam tahun pertama, petani buah naga bisa memanen hasilnya. Rata-rata untuk 5 batang tamanan bisa menghasilkan 20 kilogram buah naga dan setiap kilogramnya dijual seharga 40 ribu rupiah pada tahun 2004.

Sesuai dengan hukum pasar, pasokan yang terbatas membuat harganya mahal. Satu kilogram rata-rata dijual Rp 40.000 dan isinya hanya dua buah.

Buah yang menyerupai alpukat tetapi bagian dalamnya berwarna merah dan kuning berbintik itu kalau dimakan enak, tak terlalu manis, dan segar sekali kalau dimasukkan ke lemari es lebih dulu.

Pada umumnya buah naga dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai pelepas dahaga. Hal ini karena kandungan airnya yang sangat tinggi sekitar 90 an persen dari berat buah yang rata-rata mencapai 1/2 sampai 1 kilogram, rasanya cukup manis karena kadar gulanya mencapai 13-18 briks.

“Buah naga yang masuk ke Indonesia hampir setiap tahunnya mengalami peningkatan, akan tetapi buah naga lokal tetap diminati oleh pasar, selain itu prospek pasar ekspor pun dianggap cukup menggiurkan,” kata Djoko Raino Sigit,M.Si .

Buah naga yang sangat cocok ditanam di lahan kering, dan dalam sekali tanam usianya bisa bertahan sampai 20 tahun.

Ada sekitar 12 instansi pemerintah dari seluruh Indonesia telah meninjau kebun miliknya dan berminat mengembangkan komoditas itu.

Salah satu daerah di luar Jawa yang telah mengembangkan buah naga adalah Makassar. Mereka memperoleh bibit dari Djoko yang siap melayani. Di kebunnya tersedia sekitar 100 ribu bibit siap tanam.

Di Jateng yang telah melakukan penanaman dalam areal belum begitu luas adalah Dieng, Wonosobo,” tutur Djoko.

Banyak petani yang melirik

Hingga kini sudah cukup banyak petani yang melirik jenis tanaman buah ini, dan bahkan dari kalangan lembaga perguruan tinggi juga sudah banyak yang meminta dikirimi bibitnya untuk bahan penelitian.

Joko Raino Sigit mengatakan dari permintaan bibit yang telah dikirim itu kepada IPB dan saat ini sedang ditanam untuk dipelajari perlakuan buah naga ini.

Dia mengakui permintaan akan bibit itu cukup banyak, tetapi belum bisa dilayani semuanya, dan beberapa waktu lalu dari Malaysia juga minta satu kontiner untuk dikirim.

“Permintaan bibit satu kontiner dari Malaysia itu saya tolak, karena ini bukan cita-cita saya, memang saya juga butuh uang, tetapi saya akan lebih bangga kalau bisa menyejahterakan bangsa kita sendiri,” ujarnya.

Joko Raino Sigit yang mempunyai obsesi mengangkat derajat kaum petani itu meminta kepada pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada tanaman-tanaman yang ada di Indonesia dan agar dicegah apabila dibawa keluar negeri.

Jepara Tertarik Kembangkan Buah Naga

Kabupaten Jepara berencana mengembangkan tanaman buah naga (dragon fruit). Karena sifat tanah daerah itu yang sebagian berpasir sangat cocok ditanami buah tersebut.

”Komoditas itu mempunyai prospek bagus dan pasarnya masih terbuka lebar,” ujar Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Jepara Drs Totok Sutarto MM ketika meninjau kebun buah naga milik Djoko Raino Sigit di Desa Delanggu Baru, Kecamatan Delanggu, Klaten, baru-baru ini.

Menurut dia, 50% tanah di Jepara mengandung pasir sehingga memenuhi syarat ditanami buah naga. Salah satu wilayah yang diharapkan bisa untuk pengembangan tanaman itu adalah Pulau Karimunjawa. ”Tanah di sana (Karimunjawa-Red) sangat cocok ditanami buah naga,” jelasnya.

Sebelum ditanam pada areal yang luas, pihaknya akan membeli bibit dan kemudian ditanam di kebun percobaan. Setelah diketahui hasilnya bagus baru dikembangkan pada lahan yang luas. Di Pulau Karimunjawa tersedia areal yang sangat luas.

Bersama staf berjumlah sekitar 25 orang Totok meminta banyak penjelasan dari pemilik kebun, Djoko Raino Sigit yang telah mengembangkan komoditas itu sejak 1997.

Kulonprogo berhasil kembangkan buah naga.

Sekitar 2.520 bibit tanaman buah naga putih akan dikembangkan di lahan pasir oleh warga masyarakat transmigrasi Ring 1 di Desa Bugel Kecamatan Panjatan. Bibit tanaman buah naga tersebut merupakan bantuan dari Misi Teknis Pertanian Taiwan sebanyak 600 batang dan dari Pemkab Kulonprogo yang dianggarkan melalui APBD 2005 sebanyak 1.920 batang.

Sebanyak 600 batang bibit tanaman buah naga dari Misi Teknis Pertanian Taiwan sudah diserahkan kepada warga transmigran Ring 1. Bantuan yang diberikan hanya berupa bibit sehingga untuk pupuk dan pembuatan tajar diusahakan secara swadana oleh warga transmigran Ring 1 yang menerima bantuan.

Bantuan dari Taiwan itu sudah kami terima sebanyak 600 batang. Penyerahan bantuan tahap pertama diserahkan sebanyak 400 batang. Sebanyak 200 batang yang sempat hilang di pembibitan sebelum bantuan diserahkan kepada warga transmigran, sudah diganti oleh pihak pemberi bantuan bibit. Kata Rismono, Ketua RT 43 warga Transmigrasi Ring 1 di Desa Bugel,

Menurutnya, warga transmigrasi Ring 1 di Desa Bugel, Kecamatan Panjatan sebanyak 100 KK (kepala keluarga) yang dibagi menjadi lima RT. Setiap RT menerima bantuan bibit sebanyak 120 batang atau sebanyak 30 tajar. Untuk setiap tajar berisi 4 batang tanaman buah naga

Warga transmigrasi Ring 1, jelas Rismono, memang pernah menerima pelatihan budidaya tanaman buah naga dari Taiwan. Sebelum bibit bantuan tersebut ditanam di perkebunan milik warga, saat ini warga sedang mempersiapkan tajar yang terbuat dari beton. “Setiap KK mendapat 12 bibit tanaman buah naga atau tiga tajar. Untuk pengadaan tajar, dua tajar merupakan pinjaman dari Dinas Pertanian dan Kelautan Kulonprogo sedangkan yang satu tajar mencoba menggunakan tanaman hidup,” tambahnya.

Kasubdin Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Dinas Pertanian dan Kelautan Kulonprogo (Diperta dan Laut) Kulonprogo Ir Agus Langgeng Basuki, dalam kesempatan terpisah menjelaskan, selain menerima bantuan bibit tanaman buah naga dari Taiwan sebanyak 600 batang, warga transmigran juga menerima bantuan bibit tanaman buah naga dari Pemkab Kulonprogo sebanyak 1.920 batang. Jenis bibit sama dengan bantuan bibit dari Taiwan.

Menurutnya, bantuan dari Pemkab Kulonprogo, selain bibit tanaman buah naga putih, juga bantuan biaya pembuatan tajar dari semen sebanyak 480 biji dan pupuk kandang 9.600 kg.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menyambut baik sehubungan para petani saat ini telah mulai melakukan diversifikasi tanaman yang lebih menguntungkan dan meningkatkan pendapatannya demi kesejahteraan keluarga dan anak cucunya.

Pernyataan tersebut disampaikannya ketika meninjau Budidaya Tanaman Buah Naga yang berlokasi di Dusun Sanggrahan, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo (Kamis, 24 Februari 2005) yang didamping wakil gubernur DIY Paku Alam IX,Asisten II Bidang Fasilitasi dan Investasi.DR.Ir.Sunyoto Dip.HE DEA, Bupati Kulonprogo Drs.toyo Santoso Dipo dan pejabat instansi terkait.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Kabupaten Kulonprogo.Ir.Djoko Yuwono Budidaya Buah Naga yang dirintis sejak Bulan Oktober 2003 yang semula hanya 15.480 batang Jenis Buah Naga warna putih hingga Februari 2005 ini telah panen 4 kali mencapai hasil 1226 kilogram/1,2 Ton. Adapun Buah Naga ini terdapat 3 macam Jenis Buah Naga warna Kuning,Buah naga Warna Merah, Buah naga Warna Putih. Buah Naga warna Kuning inilah yang nilai jualnya paling tinggi di Supermarket mencapai hingga harga Rp.50.000 /kg nya sedang yang warna merah mencapai harga Rp.45.000 dan warna putih mencapai Rp.30 .000,-

Sementara itu Kasubdin tanaman pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Kelauatan Kulonprogo Agus Langgeng Basuki yang juga sebagai penanggung jawab Uji coba tanaman Buah naga di Kalibawang menjelaskan bahwa awal mula bibit Buah Naga ini di peroleh dari Jawa Timur dan tanaman ini cocok dikembangkan didaerah 0 s/d 400 meter ketinggian dari permukaan laut. Untuk di daerah Kalibawang yang luasnya 3 hektar ini ditanam jenis Buah naga warna putih dan ternyata hasilnya sangat bagus. Adapun Investasi tahap I sebsar Rp.400 juta dan seterusnya tahun ke II pemeliharaan memerlukan beaya Rp 10 Juta.Dengan demikian lanjut Agus Langgeng ditargetkan pada tahun 2006 nanti akan mencapai BEP dan tahun 2007 akan memperoleh keuntungan bersih sampai dengan umur tanaman 20 tahun.

Sedangkan untuk pemasaran saat ini baru mampu mencukupi kebutuhan untuk Semarang,Surabaya dan Jakarta serta Jogja belum mampu eksport karena untuk konsumsi dalam negeri saja masih kekurangan stok. Mengingat hasilnya sangat menjanjikan Gubernur DIY Hamengkubuwono X berharap dan sangat gembira bahwa di kabupaten Kulonprogo khususnya di Kalibawang ini telah dikembangkan tanaman perkebunan komoditi yang baru selain buah Durian dan manggis dan bisa dikembangkan lagi pada tanaman buah yang lainnya.

Dengan demikian kedepan para petani khususnya dan masayarakat Kulonprogo pada umumnya pendapatannya akan meningkat sekaligus akan berdampak pada kesejahteraan keluarganya. Diakhir sambutannya pada dialog dengan petani Buah naga di Kulonprogo Gubernur DIY Hamengkubuwono X mengharapkan percontohan penanaman Buah Naga di Kalibawang ini setidaknya memberikan dampak positif bagi petani yang lainnya untuk mengembangkan tanaman yang lebih menguntungkan bagi para petani untuk ditanam ditegalan,sawah maupun halamannya atau melakukan pemilihan-pemilihan jenis tanaman agar pendapatan keluarga lebih meningkat.

Seusai meninjau Budidaya buah naga di kalibawang dalam kunjungan kerjanya di Kulonprogo Gubernur DIY hamengkubuwono X berkesempatan panen Jagung unggul Hibrida jenis P 11,P21 dan NK 22 dan NK 33 di Dusun Paingan,Pengsih Kulonprogo seluas 7 hektar milik kelompok Tani Bina mandiri diatas tanah pinjaman PPSJ Paingan Kulonprogo. Ketika dialog dengan Anggota Kelompok Tani Bina Mandiri Kulonprogo Gubernur DIY Sri Sultan hamengkubuwono X berpesan bahwa setelah para petani telah mampu meningkatkan produksi dan pendapatannya dengan jagung varitas unggul hibrida diharapkan para petani anggota Kelompok Tani harus mempunyai simpanan tabungan dikelompknya. Jangan setelah merasa panen pendapatannya berlebih/atau mempunyai keuntungan berlebih kemudian melakukan Mo Li Mo. Kalau hal tersebut dilakukan para petani akhirnya hanya percuma saja, pendapatan bertambah tidak akan ada manfaatnya bagi keluarganya kalau tetap melakukan Mo Li MO. Untuk itu hamengkubuwono X dengan tegas minta kepada para petani untuk tidak melakukan Mo li Mo yang kalau hal itu dilakukan hanya akan menyengsarakan keluarganya saja.

Dari kulonprogo.go.id diperoleh informamsi bahwa produksi Buah Naga Belum Capai Target. Hasil produksi buah naga di Kabupaten Kulonprogo, yang dikembangkan sejak tahun 2003, hingga kini belum mampu memenuhi target. Pada tahun 2004, produksi buah naga yang dikembangkan di Kecamatan Kalibawang, hanya mampu memberikan pemasukan bagi PAD sebesar Rp 3 juta dari target Rp 48 juta. Sedangkan tahun 2005, buah naga ditargetkan dapat menyumbang PAD sebesar Rp 186 juta. Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Kulonprogo, Ir H Djoko Yuwono didampingi Kasie Bina Usaha, Ir Widiastuti, Jumat (29/4) membenarkan hal itu. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab tidak tercapainya target itu, salah satunya panen yang belum serempak sehingga belum optimal. Menurut Djoko, dari tanaman buah naga seluas 3 hektar yang ada baru sekitar 20 persen yang telah berproduksi. “Hingga saat ini sudah dilakukan 17 kali petik dengan total produksi 2.569,7 kg. Pada tahun 2004 dilakukan 5 kali petik dengan produksi 664,5 kg dan pada Januari 2005 hingga kini telah dilakukan 12 petik dengan produksi 1.905,2 kg,” terangnya. Dari hasil panen tahun 2004 senilai Rp 3 juta masuk pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) sedang Rp 3,29 juta digunakan untuk angsuran pinjaman ke PT Jala Sutra Nusantara (PT JSN). Jumlah pinjaman Pemkab ke PT JSN ini sekitar Rp 101 juta dan saat ini dalam taraf angsuran. Sedang hasil panen tahun 2005, sebagian disetor ke kas daerah yaitu Rp 4,5 juta dan sebagian untuk membayar angsuran ke PT JSN. Terkait dengan target pencapaian yang terlalu tinggi, Djoko menyatakan bahwa sesuai prediksi awal panenan akan serentak dipanen. Namun karena penanaman tidak serempak maka panenannya juga tidak bisa bersamaan sehingga hasilnya tidak maksimal. Diharapkan tahun 2005 ini semua dapat dipanen secara serempak. “Sebenarnya kami ingin melakukan penyemprotan pemicu buah, namun karena pihak PT JSN meminta agar dilakukan secara alamiah dengan pupuk organik (pupuk kandang), maka kami hanya bisa menuruti apa kemauan dari mitra kerja tersebut,” terangnya. Pemasaran buah naga selain kepada PT JSN, juga dilakukan dengan penjualan langsung ke pengelola kebun buah naga. Bila masyarakat yang ingin membeli buah naga bisa langsung ke kebun buah naga di Kalibawang.

Kasiat buah naga :

1. mujarab menurunkan kolesterol

2. Untuk penyeimbang kadar gula darah, pencegah kanker, pelindung kesehatan mulut

3. pencegah pendarahan, dan obat keluhan keputihan.

4. mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, menguatkan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, serta sebagai bahan kosmetik.

5. Mengobati sembelit, Mengobati Hypertensi, Memperhalus kulit wajah

Manfaat Pisang



1. Sebagai sumber tenaga
Pisang dapat dicerna dengan mudah, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

2. Untuk ibu hamil
Pisang juga disarankan para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Penderita Anemia
Dua pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Penyakit usus dan perut
Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalamm segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan kholik untuk menetralkan keasaman lambung.

5. Baik bagi penderita lever
Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

6. Manfaat bagi luka bakar
Daun pisang digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.

7. Manfaat bagi diabetes
Pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yang belum matang yang dikukus dan dicampur kelapa parut muda, merupakan makanan tambahan bagi orang yang menderita penyakit gula.

8. Kencatikan wajah
Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari.

9. Mengatur bobot badan
Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.
Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Pada sisi lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, dan menaikkan berat badan.

Juara Bertahan Samakan Kedudukan

Jakarta - Boston Celtics sukses melakukan revans atas Orlando Magic. Di game kedua laga semifinal wilayah Timur, juara NBA musim lalu ini menang 112-94. Hasil ini membuat skor menjadi 1-1.

Dalam laga yang digelar di TD Bankroth Garden, Boston, Kamis (7/5/2009) siang WIB, tuan rumah Celtics dibebani target harus menang guna membalas kekalahan 90-95 di laga pertama.


Di kuarter pertama, Celtics unggul 26-21. Gap berhasil diperbesar ketika laga memasuki kuarter kedua. Paul Pierce berkobtribusi menghadirkan keunggulan 61-46 bagi tuan rumah lewat tiga three point yang dilesakkannya.

Gelombang serangan Celtics semakin tak terbendug. Memasuki kuarter ketiga, tim asuhan Doc Rivers itu unggul 86-64. Tuan rumah akhirnya menutup pertandingan dengan kememenangan 112-94.

Eddie House menjadi motor kemenangan Celtics dengan mencetak 31 poin, empat rebounds dan dua assists. Sementara Ray Allen dan Rajon Rondo melengkapi kemenangan sang juara bertahan dengan masing-masing mencetak 22 poin dan 15 poin.

Game ketiga akan digelar di Amway Arena, Orlando, Sabtu (9/5/2009) pagi WIB. Di kandang sendiri, Dwight Howard dkk. meraih 32 kemenangan dan sembilan kali kalah. Pertemuan terakhir dengan Celtics di babak reguler, akhir Maret silam, Magic menang 84-82.

Global Warming - Apa dan Mengapa


Sejak dikenalnya ilmu mengenai iklim, para ilmuwan telah mempelajari bahwa ternyata iklim di Bumi selalu berubah. Dari studi tentang jaman es di masa lalu menunjukkan bahwa iklim bisa berubah dengan sendirinya, dan berubah secara radikal. Apa penyebabnya? Meteor jatuh? Variasi panas Matahari? Gunung meletus yang menyebabkan awan asap? Perubahan arah angin akibat perubahan struktur muka Bumi dan arus laut? Atau karena komposisi udara yang berubah? Atau sebab yang lain?

Sampai baru pada abad 19, maka studi mengenai iklim mulai mengetahui tentang kandungan gas yang berada di atmosfer, disebut sebagai gas rumah kaca, yang bisa mempengaruhi iklim di Bumi. Apa itu gas rumah kaca?

Sebetulnya yang dikenal sebagai ‘gas rumah kaca’, adalah suatu efek, dimana molekul-molekul yang ada di atmosfer kita bersifat seperti memberi efek rumah kaca. Efek rumah kaca sendiri, seharusnya merupakan efek yang alamiah untuk menjaga temperatur permukaaan Bumi berada pada temperatur normal, sekitar 30°C, atau kalau tidak, maka tentu saja tidak akan ada kehidupan di muka Bumi ini.

Pada sekitar tahun 1820, bapak Fourier menemukan bahwa atmosfer itu sangat bisa diterobos (permeable) oleh cahaya Matahari yang masuk ke permukaan Bumi, tetapi tidak semua cahaya yang dipancarkan ke permukaan Bumi itu bisa dipantulkan keluar, radiasi merah-infra yang seharusnya terpantul terjebak, dengan demikian maka atmosfer Bumi menjebak panas (prinsip rumah kaca).

Tiga puluh tahun kemudian, bapak Tyndall menemukan bahwa tipe-tipe gas yang menjebak panas tersebut terutama adalah karbon-dioksida dan uap air, dan molekul-molekul tersebut yang akhirnya dinamai sebagai gas rumah kaca, seperti yang kita kenal sekarang. Arrhenius kemudian memperlihatkan bahwa jika konsentrasi karbon-dioksida dilipatgandakan, maka peningkatan temperatur permukaan menjadi sangat signifikan.

Semenjak penemuan Fourier, Tyndall dan Arrhenius tersebut, ilmuwan semakin memahami bagaimana gas rumah kaca menyerap radiasi, memungkinkan membuat perhitungan yang lebih baik untuk menghubungkan konsentrasi gas rumah kaca dan peningkatan Temperatur. Jika konsentrasi karbon-dioksida dilipatduakan saja, maka temperatur bisa meningkat sampai 1°C.


Tetapi, atmosfer tidaklah sesederhana model perhitungan tersebut, kenyataannya peningkatan temperatur bisa lebih dari 1°C karena ada faktor-faktor seperti, sebut saja, perubahan jumlah awan, pemantulan panas yang berbeda antara daratan dan lautan, perubahan kandungan uap air di udara, perubahan permukaan Bumi, baik karena pembukaan lahan, perubahan permukaan, atau sebab-sebab yang lain, alami maupun karena perbuatan manusia. Bukti-bukti yang ada menunjukkan, atmosfer yang ada menjadi lebih panas, dengan atmosfer menyimpan lebih banyak uap air, dan menyimpan lebih banyak panas, memperkuat pemanasan dari perhitungan standar.

Sejak tahun 2001, studi-studi mengenai dinamika iklim global menunjukkan bahwa paling tidak, dunia telah mengalami pemanasan lebih dari 3°C semenjak jaman pra-industri, itu saja jika bisa menekan konsentrasi gas rumah kaca supaya stabil pada 430 ppm CO2e (ppm = part per million = per satu juta ekivalen CO2 - yang menyatakan rasio jumlah molekul gas CO2 per satu juta udara kering). Yang pasti, sejak 1900, maka Bumi telah mengalami pemanasan sebesar 0,7°C.

Lalu, jika memang terjadi pemanasan, sebagaimana disebut; yang kemudian dikenal sebagai pemanasan global, (atau dalam istilah populer bahasa Inggris, kita sebut sebagai Global Warming): Apakah merupakan fenomena alam yang tidak terhindarkan? Atau ada suatu sebab yang signfikan, sehingga menjadi ‘populer’ seperti sekarang ini? Apakah karena Al Gore dengan filmnya “An Inconvenient Truth” yang mempopulerkan global warming? Tentunya tidak sesederhana itu.

Perlu kerja-sama internasional untuk bisa mengatakan bahwa memang manusia-lah yang menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global. Laporan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) tahun 2007, menunjukkan bahwa secara rata-rata global aktivitas manusia semenjak 1750 menyebabkan adanya pemanasan. Perubahan kelimpahan gas rumah kaca dan aerosol akibat radiasi Matahari dan keseluruhan permukaan Bumi mempengaruhi keseimbangan energi sistem iklim. Dalam besaran yang dinyatakan sebagai Radiative Forcing sebagai alat ukur apakah iklim global menjadi panas atau dingin (warna merah menyatakan nilai positif atau menyebabkan menjadi lebih hangat, dan biru kebalikannya), maka ditemukan bahwa akibat kegiatan manusia-lah (antropogenik) yang menjadi pendorong utama terjadinya pemanasan global (Gb.1).

Minggu, 03 Mei 2009

NBA Madness Hadir di Indonesia

SURABAYA – Even basketball lifestyle kelas dunia, NBA Madness, bakal hadir untuk kali pertama di Indonesia. Even yang sudah rutin diselenggarakan di berbagai negara itu terwujud berkat kerja sama NBA dengan Jawa Pos, menyambut ulang tahun harian ini pada 1 Juli mendatang. Selama bulan Juni nanti, selama empat weekend, even ini akan hadir di empat mal di Surabaya.

NBA Madness presented by Jawa Pos ini akan menghadirkan pengalaman otentik NBA untuk masyarakat Indonesia, khususnya warga Surabaya dan Jawa Timur. Even ini gratis untuk segala usia, dan semua bisa menikmati berbagai permainan dan aktivitas basket yang seru dan menyenangkan.

Even ini akan hadir dalam empat weekend, antara 4 hingga 28 Juni 2009. Pembukaan diselenggarakan di Tunjungan Plaza 3 (4-7 Juni), berlanjut ke Mal Galaxy (11-14 Juni), Royal Plaza (18-21 Juni), dan Supermal Pakuwon Indah (25-28 Juni).

Selain menyuguhkan berbagai aktivitas seru, NBA juga akan menyuguhkan penampilan khusus dari liga basket paling bergengsi di dunia tersebut. Seorang bintang NBA dan satu dance team NBA akan tampil pada weekend terakhir, sedangkan satu maskot tim NBA akan hadir pada weekend pembukaan.

Siapa pemainnya, dan dari tim mana dance team serta maskot berasal akan diumumkan kemudian.

“Kami senang bisa bekerja bersama NBA untuk mendatangkan NBA Madness ke Indonesia,” kata Azrul Ananda, wakil direktur Jawa Pos. “Basket adalah salah satu olahraga paling populer di Indonesia, khususnya di Surabaya.

Para penggemar di sini akan sangat bersemangat untuk berpartisipasi di NBA Madness pertama di Indonesia,” tambahnya.

Mark Fischer, managing director NBA Asia, menyebut NBA Madness sebagai cara yang luar biasa untuk berinteraksi dengan penggemar NBA secara global. “Indonesia punya basis pemain basket yang tumbuh pesat. NBA Madness akan memberi mereka peluang untuk merasakan secara langsung pengalaman NBA untuk kali pertama,” ujarnya.

Dalam NBA Madness, bakal ada lapangan basket mini yang disiapkan di mal-mal yang akan dikunjungi. Para penggemar dari segala umur lantas bisa berpartisipasi dalam berbagai even seru. Misalnya NBA Slam Dunk Contest, NBA 2Ball, NBA 3-Point Shootout, NBA Shooting Stars, NBA Skill Challenge, dan lain-lain.

Tahun lalu, NBA Madness ini sudah diselenggarakan di berbagai negara di Asia. Yaitu di Jepang, Korea, Taiwan, Singapura, Hongkong, dan Filipina. Khusus di Filipina, even ini sudah berlangsung selama tujuh tahun.

Even Kedua Surabaya

Hadirnya NBA Madness ini bakal menjadi catatan kedua Surabaya menjadi tuan rumah even resmi NBA. Tahun lalu, pada 23-24 Agustus, Surabaya juga menjadi tuan rumah even resmi pertama NBA di Indonesia.

Ketika itu, bintang Indiana Pacers Danny Granger menghadiri final DetEksi Basketball League (DBL), liga basket pelajar terbesar yang diprakarsai Jawa Pos. Granger juga tampil dalam NBA Basketball Clinic, memberi materi latihan kepada para champion DBL dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia.

Sejak tampil di Surabaya, karir Granger terus melonjak. Bulan ini, dia terpilih masuk NBA All-Star, mengukuhkan diri sebagai salah satu superstar NBA.

“Kami bangga bisa terus menghadirkan bintang kelas dunia ke Surabaya, menunjukkan bahwa even-even dunia tidak harus selalu diselenggarakan di Jakarta,” kata Azrul Ananda, yang juga commissioner DBL. “Semoga ini bisa menjadi hadiah istimewa untuk warga Surabaya dan Jawa Timur, dan semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk ikut membuktikan diri,” tambahnya.

Berdasarkan pengalaman mengunjungi NBA Madness di Filipina, Azrul merasa yakin even ini bakal lebih heboh di Surabaya.
“Kita bisa melihat langsung, tanpa membayar, seorang pemain NBA beraksi. Kita bisa melihat langsung bagaimana penampilan atraktif sebuah dance team NBA. Kita juga bisa melihat langsung bahwa maskot NBA memang istimewa. Bukan sekadar pakai kostum lucu, dia juga punya kemampuan akrobatik,” papar Azrul. (azz)

Formulir Peserta DBL Sekarang Online


SURABAYA – Kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DetEksi Basketball League (DBL) 2009, tidak lama lagi pulang ke kandang. Pendaftaran seri Jawa Timur, yang diselenggarakan di Surabaya (North) dan Malang (South), sudah dibuka mulai 4 Mei mendatang. Mulai hari ini, segala formulir, regulasi, dan persyaratan pendaftaran sudah bisa di-download di situs resmi Honda DBL 2009, www.deteksibasketball.com.

”Kunjungi situs itu, lalu masuk menu 2009 Season. Di menu itu bisa dipilih beberapa kategori yang ingin di-download. Setelah melengkapi persyaratan, peserta lalu harus mengumpulkan formulir mulai 4 Mei nanti dalam format file (softcopy, Red) dan cetak,” jelas Masany Audri, general manager DBL Indonesia.

Masany menjelaskan, cara pendaftaran baru ini dibuat karena peserta di Jawa Timur memang terbanyak. Tahun lalu, jumlah pendaftar mencapai 283 tim, kemudian yang diterima 266.

Mengenai jumlah peserta itu, tahun ini panitia akan lebih membatasi. Azrul Ananda, commissioner DBL, mengatakan pembatasan itu tidak terelakkan. Alasan utamanya, waktu yang tidak memadai. Bulan puasa tahun ini lebih maju, dimulai sekitar 20 Agustus. Kemudian, kompetisi ini juga harus diakhiri dengan even resmi NBA, Indonesia Development Camp 2009, yang memakan waktu beberapa hari.

Dalam even itu, seorang pemain dan dua asisten pelatih NBA akan hadir di DBL Arena, memberi materi latihan kepada para pemain pilihan Honda DBL 2009 dari berbagai penjuru Indonesia. “Kami pun menunda Indonesia Development Camp itu sejauh mungkin, hingga hanya beberapa hari sebelum puasa. Lalu, kompetisi SMP yang biasanya diselenggarakan di sela-sela SMA pada Juli-Agustus, kini dimundurkan sampai Oktober,” jelas Azrul.

Supaya tidak ada kebingungan, panitia pun menerapkan sistem undangan untuk Honda DBL 2009. Jadi, tim yang ingin mendaftar harus menyertakan surat undangan resmi dari DBL Indonesia. “Bagi sekolah yang belum mendapat kiriman undangan, bisa mengajukan diri pada tim DBL Indonesia. Setelah itu akan di-review oleh departemen basketball operation kami, apakah tim itu bisa diterima atau tidak,” papar Azrul.

Puji Agus Santoso, salah satu manager basketball operation DBL Indonesia, menerangkan ada beberapa kriteria yang akan dipertimbangkan. “Prestasi pada DBL tahun-tahun sebelumnya merupakan salah satu pertimbangan utama,” ujarnya. Saat ini, sudah banyak calon peserta yang menunggu kabar pendaftaran ini. Telepon di kantor DBL Indonesia di DBL Arena maupun Mabes DetEksi Jawa Pos di Graha Pena terus berdering. Rata-rata sudah “panas” mengetahui kehebohan Honda DBL 2009 di kota-kota lain.

SMA Petra 5 Surabaya, yang tahun lalu “sukses” jadi pendaftar pertama setelah “camping” 24 jam di Graha Pena, mengaku ingin menjadi yang pertama lagi tahun ini. “Tapi kami masih mempersiapkan teknisnya biar lebih matang,” ungkap Yonardi Sasmito Nugroho, salah satu pemain Petra 5. Rupanya, Yonardi benar-benar tak sabar menanti Honda DBL 2009 di Jawa Timur. ”Aku jadi pengin menunjukkan kalau Surabaya, tempat lahirnya DBL, juga bisa heboh. Nggak kalah kok dengan daerah lain. Pokoknya, tunggu kejutan rahasia dari kami,” ujarnya.

Sementara itu, bukan hanya jadwal yang berubah pada seri SMP. Mulai tahun ini, ada perubahan nama pada seri yang dimulai pada 2005 tersebut. “Mulai tahun ini, seri SMP akan dikenal dengan sebutan Honda DBL Junior,” ungkap Azrul Ananda.

Panitia menjelaskan, pendaftaran SMP masih sama dengan SMA. Hari ini mulai download, lalu mendaftar mulai 4 Mei. Namun, technical meeting dan drawing-nya menyusul setelah seri SMA berakhir. Pada saat Honda DBL 2009 SMA berlangsung di Jawa Timur, pada Juli-Agustus nanti kompetisi ini juga diselenggarakan di tiga kota di Kalimantan. Yaitu Banjarmasin, Pontianak, dan Samarinda. (aul)

Link download formulir dan regulasi, klik di sini

Jadwal Honda DBL 2009 Jawa Timur

14 April
Formulir mulai bisa di-download di www.deteksibasketball.com

4 Mei
Pendaftaran SMP dan SMA (Sertakan undangan resmi)

Juli-Agustus
Honda DBL 2009 SMA (North dan South Region)

15-18 Agustus
Indonesia Development Camp 2009 Organized by NBA & DBL

Oktober
Honda DBL Jr. 2009 (SMP)
Western Australia Games 2009

iPhone 3G Telkomsel


iphone3gSetelah beberapa waktu lalu membuka pendaftaran untuk pemesanan iPhone, akhirnya Telkomsel resmi mengeluarkan gadget besutan Apple ini. Dipastikan ponsel ini memang diperuntukkan untuk kalangan atas, karena harganya memang lumayan mahal yaitu mencapai 9 -11 jutaan. iPhone 3G dapat dipergunakan untuk kartu prabayar (Simpati, As) serta kartu pascabayar (Halo). Tentu saja dengan perbedaan harga serta fasilitas yang didapatkan.

iphone

Prabayar

Untuk layanan Prabayar (Simpati dan Kartu As) harga iPhone 3G adalah sebagai berikut:

  • iPhone 8GB Rp. 9.605.000,00
  • iPhone 16GB Rp. 11.205.000,00

Mendapatkan akses internet gratis 500 mega setiap bulan selama 12 bulan.

Pascabayar

Paket pascabayar (kartu Halo) diperuntukkan bagi pelanggan yang memenuhi persyaratan.

Pascabayar Turbo Turbo Plus Turbo Premium
Biaya Bulanan** Rp. 354 Rp. 488 Rp. 733
Bebas Bicara** - 180 360
Bebas SMS** - 150 300
Bebas Data** 500 MB 500 MB 1.000 MB
Harga Ponsel 8GB Rp. 4.455 Rp. 3.844 Rp. 2.622
Harga Ponsel 16GB Rp. 5.912 Rp. 5.301 Rp. 4.079

** setiap bulannya selama 12 Bulan. Harga Dalam Ribuan Rupiah

iPhone 3G akan dilaunching tanggal 20 Maret 2009 dan akan dijual di Grapari mulai tanggal 23 Maret 2009. Selain itu iPhone juga dipasarkan melalui Oke Shop, Global Teleshop, Sarindo dan Telesindo Shop. Selengkapnya bisa dilihat di website Telkomsel.

Sekilas iPhone 3G

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan iPhone 3G diambil dari gsmarena.com dan beberapa sumber lain.

Kelebihan

  • Layar sentuh 3.5″ 16 juta warna TFT dengan resolusi 480 x 320 pixels
  • Mendukung 3G
  • Built-in GPS
  • Wi-Fi
  • Memori internal 8 dan 16GB
  • Accelerometer, sensor gerak dan cahaya
  • Push email dengan dukungan MS Exchange
  • Akses langsung ke AppStore untuk mendownload aplikasi
  • Suara lebih kencang dan tidak pecah dibanding iPhone generasi pertama
  • Tampilan menu bisa digeser sehingga bisa menampilkan banyak aplikasi
  • Port TV-out

Kekurangan

  • Tidak ada video call
  • Kamera hanya 2 megapixel
  • Kamera tidak mempunyai autofokus, tidak bisa merekam video
  • Bluetooth hanya bisa untuk headset tertentu (fitur tersedia di iPhone OS 3.0)
  • Tidak bisa untuk transfer file
  • Tidak ada fasilitas edit dokumen office
  • Tidak ada radio
  • Tidak ada fitur copy/paste (fitur tersedia di iPhone OS 3)
  • Tidak mendukung java
  • Tidak ada slot memori card, mungkin karena internalnya sudah besar

Apple akan mengeluarkan software baru yaitu iPhone OS 3.o yang diperkirakan sekitar tanggal 17 Maret 2009. Os baru ini rumornya memperbaiki beberapa kekurangan dalam Os terdahulu misalnya MMS serta transfer file. Spesifikasi lengkap mengenai iPhone 3G bisa dilihat disini.

Update iPhone OS 3.0

Apple telah meluncurkan software baru yaitu iPhoneOS 3.0 dengan penambahan beberapa fitur baru antara lain:

  • Kemampuan untuk MMS
  • Blutooth stereo (Bluetooth A2DP profile)
  • Fitur copy, cut dan paste dengan kemampuan undo dan redo
  • Voice recorder dan call log
  • Fitur search (pencarian) email, kalender dan notes
  • Safari mempunyai fitur auto-fill form fields, parental controls dan filter anti-phishing

Pengguna iPhone 3G Telkomsel dapat mengupgrade sofotwarenya dengan gratis pada sekitar bulan Juni/Juli mendatang.

Sebenarnya banyak ponsel yang lebih murah dan lebih mumpuni dibandingkan iPhone ataupun Blackberry. Segala sesuatunya tergantung kemampuan pengguna untuk mengekplorasi dan memaksimalkan fungsi sebuah ponsel. Tergantung the man or woman behind the phone.

Semoga bisa bermanfaat.